Fungsi dan Tugas BIOS

19.33


Berikut ini akan sedikit menjelaskan pengertian bios berserta apa fungsi dan tugas bios pada komputer maupun laptop.

FUNGSI BIOS
Bios (basic input output system) adalah sebuah program start-up komputer yang disimpan dalam ic rom (read only memory) sehingga program tersebut hanya bisa dibaca. Semua setting yang diberikan pada bios setup disimpan pada cmos (complementary metal oxide semiconductor), yaitu memory khusus yang digunakan untuk menyimpan data-data setting.

Cmos dapat berupa ic keluaran motorola mc146814, mc146818 atau berupa chipset yang terpasang pada mainboard. Data setting yang berada di dalamnya tidak hilang selama masih mendapatkan tegangan listrik. Pada saat komputer dimatikan, maka cmos ini akan tetap mendapatkan supplay tegangan dari baterai sehingga data setting tetap aman.
Berikut adalah gambar tampilan bios dan cmos :

Tampilan Menu Bios

Cmos

BIOS ( Basic Input Output System ) adalah sekumpulan progam yang disimpan pada ROM yang digunakan untuk melakukan tugas – tugas dasar seperti mentransfer data , pengendali intruksi peralatan , serta mengkonfigurasi proses input dan output hardware didalam system computer.
Fungsi dari BIOS itu sendiri adalah melakukan POST , memanggil system operasi , menjaga kstabilan dan kinerja system.
Menu BIOS yang penting umumnya seperti :
Standard CMOS setup BIOS features setup Chipset features setup Power management setup PCI configuration Load stup default Integrated peripherals Password setting IDE hardisk Detection Save and exit setup Exut without saving.
Untuk cara masuk menu bios pada umumnya setelah tombol power ditekan untuk menyalakan komputer langsung ditekan tombol DEL, atau kebanyakan laptop sekarang untuk masuk menu bios menggunakan tombol F2.

sekian dari saya semoga hal mengenai bios yang seperti diatas bermanfaat.

Previous
Next Post »

2 komentar